WEBSITE WP DGN 2 PLUG IN SEO (YOAST & ALL IN SEO), APAKAH EFFEKTIF? MANA YG EFEKTIF? TERIMA KASI…

WEBSITE WP DGN 2 PLUG IN SEO (YOAST & ALL IN SEO), APAKAH EFFEKTIF? MANA YG EFEKTIF? TERIMA KASIH 👍

Source

20 comments

  1. Efektif enggaknya dicoba saja dulu, kalau milih efektifan mana, sama2 efektif selebihnya tergantung optimasi pemiliknya, plugin hanya bersifat bantuan.

  2. Jika fungsi/fiturnya saling melengkapi atau tak tumpang tindih, serta pada proses load per page-nya tidak memberatkan server/hosting, pakai plugin SEO sampai lebih dari tiga pun enggak apa2. Sebaliknya, misal kebutuhannya ternyata hanya satu, pun tak masalah juga. Bahkan misal tidak pakai plugin SEO sama sekali, ya tidak ada salahnya.

    Tergantung kebutuhan kalau bicara soal Plugin SEO di blog WP itu perlu atau tidak. Plugin SEO sematjam Yoast, Rank Math, All in One SEO, dll. itu memang memiliki banyak fitur, khususnya dalam hal optimasi On-page SEO. Saya sendiri melihat on-page SEO paling mendasar adalah meta title dan meta description yang biasanya sudah ada secara default di theme2 WP.

    Sebenarnya meta title dan meta description pun tak selalu soal algoritma atau SEO. Sepedek yang saya tahu, dua meta tag tersebut lahir untuk mengakomodasi webmaster/blogger dalam menampilkan “wajah web-nya” di laman hasil pencarian. Mirip-miriplah dengan structured-data/schema yang lebih dominan ke SERP enhancements-nya ketimbang sebagai rank factor.

    Saya sendiri terakhir kali pakai plugin2 SEO tahun 2012-an, setelah itu sama sekali tak pakai plugin2 SEO. Apakah selama 9-10 tahunan berjalan saya baik2 saja menjalani aktivitas blogging tanpa plugin SEO apapun? kalau dari pengalaman saya sendiri jawabannya, iya! Web personal dan beberapa web Google News saya tidak ada masalah index + ranking di SERP.

    Saya lebih senang meluangkan waktu lebih untuk benerin typo, diksi, ejaan, dan logika kalimat ketimbang seabrek input/checklist di plugin SEO saat posting2. Ibarat penjual pedang, saya lebih senang jualan pedang yang tajamnya biasa saja tapi produksinya cepat dan banyak ketimbang pedang super tajam namun proses pembuatannya lama. Kembali lagi, soal pilihan saja ini, hehe..

  3. percuma ga ada pengaruhnya ke search engine… plugin seo cuma untuk mempermudah aja edit edit theme biar on page seo nya maksimal

Leave a comment

Your email address will not be published.