Teman² mau minta pendapatnya, saya kan mempunyai toko online yang support cod via JNE sicepat dan j&…

Teman² mau minta pendapatnya, saya kan mempunyai toko online yang support cod via JNE sicepat dan j&t. Nah ternyata biaya cod tidak bisa diatur sesuai dengan biaya cod masing² Kurir. JNE dan sicepat 4% sedangkan j&t 3%. Bisanya diseting flat jadi jika saya setting biaya cod 4% maka semua kurir biayanya codnya sama 4%. Nah etis tidak jika biaya cod kurir saya set ke biaya cod yang paling tinggi alias yg 4%?
Terima kasih

Source

6 comments

  1. kembali ke mas nya menurut ku sih, atw di bulatkan 5% untuk keduanya, di anggap “biaya adm”, atw di ratakan 3% selisih potong dari keuntungan produk, atw 3% cman yang j&t kostumer nya di kasih casback, mungkin lewat ovo/dana, kaya’ gaya2 marketplace online sekarang, atw ‘cash back’ langsung di dalam paketnya,,, atw naikin harga dikit untuk menutupi biaya cod, jdi biaya cod di masukan ke dalam seluruh harga produk, mungkin di naikin 1-2%, jadi kaya sistem “subsidi silang” kan g semua makai COD kan, jadi bagi kostumer yang mw “cod” terkesan biaya 0 % ,,, jadi di akhir seperti di awal tadi, balik ke masnya 🤷 *pendapat pribadi ku aj sih

  2. etis aja om,

    saya yg jualan online juga ngerti ongkir tergantung berat, jarak, dan pengelola/perusahaan kargo…

    kalo menurut saya sebaiknya ambil aman di angka 5% buat ongkir

  3. klo udh berpikir bisnis, etis atau tidak itu nomer sekian. minimal sebagai pemilik bisnis ga rugi.

    mau di bikin sama rata 4% / 5% pun ga masalah. ya kelebihannya itu anggap sebagai pemasukan tambahan. toh emangnya pembeli tau klo biaya itu yg netapin pihak kurir, bukan si pemilik bisnis? pembeli kan taunya ada biaya ya harus bayar.

    orang di sopi aja netapin biaya COD 9%. etis? ya etis aja. pdahal kurir netapinnya cuma 4% kan? 5%nya ya masuk kantong sopi. trus keuntungan td jd bisa bikin promo2 dah. pemasukan kan ga harus dari keuntungan jual barang doang.

    selama pembeli setuju artinya ga keberatan. klo ga setuju kan paling ga jd beli.

  4. kalau langganannya nggak berpindah ke lain hati hajar aja, yg bahaya klo ke lain hati, apalagi cek ongkir skrg kan langganan juga bisa langsung cek sendiri, takut kesan toko yg selama ini anda di bangun jadi negatif hanya karena selisih sedikit perbedaan harga ongkir. – hanya masukan –

Leave a comment

Your email address will not be published.