Mau tanya dong suhu” yang ngerti VPS,…

Mau tanya dong suhu” yang ngerti VPS,
Ane kan sekarang pakai VPS L – $19.99 dan ada niat upgrade ke VDS S $49.99
apakah worth ya ?



Source

17 comments

  1. Tergantung kebutuhan saja pak, kalau sudah tidak kuat ya updare, kalau masih kuat ya tetap aja menghemat pengeluaran.

  2. kalau masalah worth ya tergantung earning blognya aja, kalau masih lebih untuk sewanya ya harus kalau memang membutuhkan upgrade

  3. kalau memang kebutuhan nya harus upgrade ya “menurut saya” worth saja pak, kecuali blm perlu upgrade dan kitanya maksain upgrade nah baru bisa dibilang mubazir/ ga worth

  4. Paling bagus sih belajar atau baca2 cara membaca log server/webserver mas, karena yang bikin web lemot atau bahkan down dari sisi server itu banyak sekali penyebabnya. Apakah CPU/RAM utilization, network bandwidth, disk I/O atau lain2nnya, dicari mana yang bikin “bottleneck”.

    Kalau dari sedikit pengalaman saya mengelola web WP biasa, bukan web dengan fitur super canggih atau semacamnya, yang sering minta upgrade lebih dahulu itu di CPU. Maka itu yang biasa saya pantau selama ini fokus ke CPU utilization.

    Saya punya terminologi unik ketika mengamati CPU graph/utilization, yakni headroom. Kalau di audio engineering, headroom adalah ruang sisa sebelum signal audio clipping/pecah. Nah CPU graph itu saya samakan dengan signal audio, usahakan headroom-nya jangan terlalu mepet.

    Ketika headroom mulai mepet atau melewatai ambang batasnya dalam durasi yang lama dengan interval yang berdekatan, misal durasi 30-60 menit setiap 2-3 jam sekali, maka sudah saatnya upgrade ke spek server yang lebih tinggi.

    Namun kalau durasinya pendek2 dan intervalnya juga lebar, misal 3-5 menit dengan jarak 12-24 jam sekali, tidak perlu upgrade. Pun kalau mau upgrade juga tidak apa2 sih, provider hosting/VPS sekarang ini canggih2, tak hanya mendukung upgrade, tapi juga downgrade, misal di DO, GCP, dll.

    **Abaikan fakta CPU credits di VM/VPS AWS yang saya pakai (contohkan) memang ter-lucknut ya.. 10% utilization bisa buat apaan, andai tidak “diselamatkan” Google AMP Cache.. ๐Ÿ˜…

Leave a comment

Your email address will not be published.