gan bole tanya jikalau kita beli hosting di platform lokal apak bisa di akses di internasional…

gan bole tanya jikalau kita beli hosting di platform lokal apak bisa di akses di internasional

Source

6 comments

  1. Ga tentu bagus sebab banyak hosting yg bandwith luarnya cuma kasih seadanya uda sharedpun cuma kurang dari 50 mbpspun mase banyak..

    Kalo dolo bgt malah lebih sadis malahan harus beli bandwith internasional.. Bahkan sepertinya pemain ini mase gitu kok.. Jadi pastiin ulang jgn asal beli hosting…

  2. Dulu waktu awal2 ngeblog sekira akhir 2009, saya pakai server/hosting region lokal dari Dracoola. Namun banyak kawan blogger (blogwalking) yang kebetulan tinggal di luar protes karena sering enggak bisa akses. Sempat bingung juga kala itu, kenapa kata kawan blogger tidak bisa dibuka, padahal saya sendiri enggak alami masalah ketika mengaksesnya. Belakangan baru tahu bahwa hal-hal sematjam itu terjadi karena adanya masalah di bandwidth internasional yang kurang lebar atau kesempitan.

    Pertengahan 2010, saya minta pindah lokasi server sama pihak Dracoola yang ditindaklanjuti dengan memindahkan web saya ke server mereka di US (SoftLayer region Dallas). Setalah pindah, hasilnya tidak ada protes lagi dari kawan blogger luar, pun saya akses juga lancar2 saja sama seperti sebelumnya. Lancar2 saja diakses dari lokal tersebut maksud saya tidak sama cepatnya dengan waktu masih di server lokal ya. Lancar di sini adalah nyaman saja, tidak merasa, “kok jadi lemot”.

    Empat tahun berselang, saya nyoba pakai VPS DigitalOcean region SG karena pengen belajar VPS, bukan tuntutan jumlah visitor. Kecepatan akses waktu sudah pakai VPS di DO, OK! Tapi itu tidak membuat saya merasa peningkatannya gila2an dibanding waktu nge-host di Dracoola US. Latency makin kecil dan load web lebih ngebut? Iya. Tapi, apakah di “real world usage” bedanya signifikan? Sekali lagi kalau dari pengalaman saya tidak, masih dalam satu kedipan mata manusia saja perbedaannya.

    Masalah bandwidth internasional yang di awal saya sebut kalau tidak salah kini sudah bisa diatasi oleh beberapa provider hosting. Maksudnya, beberapa provider sudah “jor2an” ngasih bandwidth internasional, tentu dengan harga yang sedikit lebih mahal. Bila provider VPS mainstream seperti DO, Vultr, Linode, dan Uplcoud suatu hari buka region server lokal, saya yakin mereka juga bakal jor2an ngasih bandwidth internasionalnya, sehingga tak ada alasan untuk tak mencobanya juga.

  3. Kalo akses bisa. Cuma masalah di kecepatan website. Prinsipnya semakin dekat jarak server dan user maka semakin cepat akses begitu jg sebaliknya.

    Pake layanan seperti cloudflare untuk mempercepat akses internasional kalau minim budget. Kalau ada budget pake CDN. Cari Point of Presence (POP) nya di banyak negara.

Leave a comment

Your email address will not be published.