#Ask Gimana cara mengatasi masalah Google Analytic? : Unuse Javascript, danRender Blocking ResourceU…

#Ask Gimana cara mengatasi masalah Google Analytic? :
  • Unuse Javascript, dan
  • Render Blocking Resource
Udah pake Flyingscript gak ngefek


Source

4 comments

  1. Beberapa blogger bahkan penyedia jasa optimasi speed web ngakalin script2 Google Ads kayak gitu dengan flying script. Jadi iklan tak akan di-load sebelum ada aktivitas scroll di viewport. Saya sendiri tak merekomendasikan trik itu karena ngorbanin performa unit iklan above the fold. Padahal unit above the fold itu sudah jadi rahasia umum bahwa “harganya” paling tinggi.

    Kenapa bisa saya bilang ngorbanin performanya? Ya karena itu nanti banyak unit2 iklan above the fold yang tidak akan terkonversi menjadi earning lantaran tidak terklik atau terhitung sebagai impresi. Mau iklan CPC-based atau CPM-based dua2nya tetap akan kena dampak negatif dari trik ngakalin Adsense dengan flying script ini.

    Bagaimana mau klik iklannya kalau proses render unitnya baru dimulai ketika user melakukan scroll alias tenggelam duluan. Mungkin ada yang bingung, bagaimana iklan berbasis CPM tetap kena dempak, kan tak butuh klik? Ingat, menurut standard IAB, impresi iklan itu sah ketika unit iklannya terlihat 50 persen selama 1 detik untuk banner atau 2 detik untuk video.

    Andai saja IAB ubah rekomendasinya ke 10% dan 1ms. Tapi giliran advertiser yang mencak2 kali ya kalau diubah kayak gitu, haha. Berangkat dari alasan itu pula kenapa saya tidak pakai trik ini. Mudah saja sebenarnya kalau saya mau pakai, tinggal ubah settingan firing trigger (scroll depth) di Google Tag Manager (GTM) karena saya pasang tag2 iklan via GTM.

Leave a comment

Your email address will not be published.