Ada yang jago buat theme wordpress ? Saya ijin berguru private buat theme wordpress .. yang mau ngaj…

Ada yang jago buat theme wordpress ? Saya ijin berguru private buat theme wordpress .. yang mau ngajarin saya silahkan japri.. skalian info biaya privatenya yaa.. terima kasih

Source

8 comments

  1. Alternatif misal ingin belajar sendiri, tidak dari orang langsung..

    Kalau saya dimulai dari men-download tema gratisan, lalu dibongkar pasang (oprek) untuk belajar langsung di web yang sedang jalan. Kalau ada bakat, tidak semenakutkan yang dibilang orang2 kok, cukup ngerti CSS + sedikit paham HTML sudah cukup. Kan banyak tuh beberapa kawan blogger takut belajar oprek2 karena sudah disuguhi doktrin harus ngerti ini, itu, dll.

    Untuk Fungsi2 PHP di theme-nya, nah itu tantangannya dalam memilih2 theme gratis yang mau dioprek2 + ketelitian memungut script2 yang bertebaran di Stack Overflow. Saya dari awal ngeblog juga cuma model gitu, oprek2 theme gratis, tidak harus paham programming. FYI, basic saya sebenarnya “seniman KTP” (😅), tepatnya di bidang musik, foto, dan tulisan.

    Saya sejak 2013 pakai theme gratis Basic-nya Themify (https://themify.me/themes/basic), lalu dibongkar pasang/oprek2. Malah hampir semua theme blog saya hingga kini cuma “peranakan” dari theme basic Themify itu, sematjam “satu jadi banyak”. Kalau dilihat kasat mata sih udah benar2 beda sekarang, tapi kalau di-inspect element, ketahuan jejak2 theme aslinya.

    Kenapa Basic-nya Themify? Dulu saya asal pilih aja sih. Sekitar tahun 2013 kan terpaksa harus mengadaptasi responsive design (terbilang telat), tapi bingung gimana cara bikinnya. Akhirnya ketemu ide dengan mengunduh theme responsive gratisan yang ditemui di Google secara asal/random, lalu dijadikan “cangkang” untuk theme2 lama yang belum responsive.

    Jadi saya pindahkan satu demi satu atau section per section theme lama saya (non-responsive) ke theme baru tersebut (yang sudah responsive), mulai dari header, body utama, sidebar, footer dst. Mungkin ada yang bilang, caranya kok lugu amat, hahahaha. Memang saya tahunya seperti itu doang caranya, enggak ngerti CSS Grid, Bootstrap dll.

    Untuk inspirasi oprek2, saya sendiri jarang ngambil dari theme WP, tapi lebih milih langsung nge-ATM-in desain web2 mapan via inspect element. Dari awal ngeblog, web2 seperti Thenextweb, The Verge, Huffingtonpost, Popsugar, Pingdom Blog, atau bahkan web-nya Reddit yang sering saya jadikan “contekan”, hingga terciptalah beberapa tampilan “oplosan”.

    Selama ini saya sih hanya “nyontek” desain header dari situs A, “ngejiplak” tampilan sidebar dari situs B, “ngopi” gaya footer dari situs C, dst.. dst.. Paling asyik ketika sebuah desain sudah “ditiru”, eh tak berselang lama web yang ditiru melakukan perombakan desain besar2an, hasilnya yang meniru kini malah punya desain unik, seakan-akan jadi “The Inventor”. #pfft

    Mengingat saya hanya tukang niru sana-sini, maka saya tidak masalah bila tampilan blog2 saya dijiplak oleh blogger lain. Kalau merasa tampilan blognya tidak unik lagi, ya tinggal nyari inspirasi (baca: contekan) lain lagi. Gimana ya, jujur saja saya tidak terlalu berbakat dalam menciptakan, tapi hanya sekadar tahu “Ooh, yang kayak gitu bagus” (setidaknya dari taste saya ya).

Leave a comment

Your email address will not be published.